Contact Form

 

PROJECT BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS KARYA)

Faktor - Faktor Mendasar Dalam Menyusun Karya (4)

4. Pendapat dan Pilihan Siswa (Student Voice And Choice

 Dihadapkan dengan masalah atau pertanyaan yang menantang, siswa harus dapat melaksanakan penilaian dan membuat keputusan tentang bagaimana menyelesaikan masalah atau pertanyaan tersebut. Disamping karya menjadi sebuah kegiatan, terdapat seperangkat arahan untuk diikuti. Standar Utama PBK meminta siswa untuk menyatakan pendapat tentang idenya dan membuat pilihan terhadap jalannya pelaksanaan karya. Persyaratan ini mempunyai konsekuensi baik terhadap pembelajaran dan motivasi. Pengambaran Dewey terhadap “perilaku kognitif” menyarankan bahwa pendapat dan pilihan siswa merupakan sebuah prasyarat untuk pemikiran kritis dan penyelesian masalah. Siswa membutuhkan kebebasan untuk bertindak dan merefleksi tindakan-tindakan mereka apabila mereka harus belajar dari situasi. Dalam pengertian motivasi, memberikan siswa sebuah kesempatan untuk mengekspresikan ide dan opini mereka sendiri dan membuat pilihan selama pengerjaan karya yang mengesahkan dorongan dasar otonomi dan kompetensi, dan berkontribusi terhadap motivasi intrinsik.
Bagaimanapun, hal ini tidak berarti, bahwa penentuan dari siswa tidak terbatas. Guru memiliki tanggung jawab untuk menentukan berapa banyak pilihan siswa harus dilakukan dan jenis pilihan apa yang paling menguntungkan untuk pembelajaran dan penyelesaian karya mereka. Apabila siswa diharapkan untuk memilih metodologi yang akan mereka guanakan untuk sebuah karya sains tetapi tidak memiliki latar belakang pengetahuan tentang metode yang dibutuhkan untuk membuat pilihan tersebut, karya tidak akan berhasil. Tingkatan pendapat dan pilihan harus dibuat dengan sebuah pertimbangan terhadap apa yang siswa siap untuk mengatasinya, dan tingkatan dan pembinaan apa yang ada. Kami secara umum tidak menyarankan, sebagai contoh, bahwa siswa diberikan pilihan bebas terhadap siapa yang menjadi anggota tim karya mereka. Dikatakan bahwa, Standar Utama PBK menyarankan bahwa semakin banyak pilihan dan pendapat siswa diberikan, maka itu lebih baik. Tujuan kita ialah untuk mendorong motiviasi dari dalam diri sendiri pada siswa yang dapat membuat pilihan cerdas dan logis dalam kehidupan mereka. Ekspresi pilihan dan opini siswa pada skala yang lebih rendah dalam PBK merupakan pelatihan awal untuk pilihan-pilihan yang lebih berat yang akan mereka hadapi kemudian dalam kehidupan mereka. 

Diterjemahkan Dari: Setting The standard for Project Based Learning : A Proven Approach to Rigorous Classroom Instruction. 20115. Alexandria: ASCD 

Total comment

Author

Anonymous

0   comments

Cancel Reply