Contact Form

 

Keluarga Multimedia (4-end) : Bagaimana ?



Bagaimana menjadi ortu atau pendidik yang bijak agar tercipta sebuah keluarga multimedia yang bahagia?

Kita sebagai orang tua atau pendidik wajib untuk memahami kebutuhan generasi Z yang tentu berbeda dengan kebutuhan kita. Kehidupan mereka saat ini yang jauh berbeda dengan kehidupan kita masa lalu, kehidupan mereka selanjutnya yang tentu akan berbeda dengan kehidupan yang saat ini kita jalani dan kita tidak tau mereka akan menghadapi kehidupan seperti apa. Penting bagi kita sebagai orang tua atau pendidik memahami bahwa  generasi Z tidak lagi membutuhkan sosok orang tua yang serba tau dan serba bisa. Mereka justru lebih membutuhkan bimbingan untuk mendefinisikan goal/cita-cita  dengan jelas, memahami proses, menjadi pribadi yang tangguh dengan komitmen dan tujuannya atau persistence. 

Data statistik pengguna internet di Indonesia rata rata mengakses informasi 5,5 jam per hari. Remaja kita rata rata berinteraksi dengan komputer/laptop/game/smartphone (gadget) 8-12 jam per hari. Maka, orang tua sebagai pendidik perlu untuk selalu membersamai anak, meluangkan waktu untuk bermain bersama dan membangun komunikasi yang baik dengan anak. Anak jangan sampai mudah mempercayai orang asing untuk menghindari para predator. Kita juga perlu untuk mengetahui dan memahami musik dan tontonan anak anak kita. Orang tua perlu sering berdiskusi secara terbuka dengan anak untuk menjelaskan contoh contoh positiv dan menyemai nilai nilai yang ingin ditumbuhkan oleh keluarga sehingga anak dapat melakukan filtering dengan sendirinya mana yang baik dan mana yang buruk. Orang tua tidak perlu menjadi mata-mata bagi anaknya, tetapi perlu bagi kita untuk memastikan kesiapan mental dan tanggung jawab anak sebelum diberikan izin mengakses dan memanfaatkan multimedia.Terakhir tetapi hal ini sangatlah penting, kita sebagai orang tua semestinya memberikan keteladanan yang baik bagi mereka, anak anak kita.

Kesimpulan
Multimedia yang berkembang pesat tidak perlu ditakuti secara berlebihan. Orang tua perlu untuk selalu mengikuti perkembangannya agar dapat membimbing dan mengarahkan anak dan keluarganya dalam memanfaatkan teknologi multimedia sehingga dapat menjadi sarana membangun keluarga yang bahagia.


Sumber : Raising Children in Digital Era, Elizabeth T. Santosa, Mpsi
 

Total comment

Author

admin

0   comments

Cancel Reply