Contact Form

 

PROJECT BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS KARYA)

Faktor - Faktor Mendasar Dalam Menyusun karya (7)

7. Publikasi Produk
Kebanyakan tugas sekolah biasanya tertumpuk di meja guru, di folder online, atau dimasukkan dalam catatan siswa. Sebaliknya, standar emas PBK menyediakan kesempatan bagi siswa untuk menciptakan dan membagikan hasil karya dengan khalayak di luar kelas. Ini memiliki beberapa konsekuensi positif. Pertama, produk yang merupakan hasil dari sebuah proyek dilihat sebagaimana lebih nyata (yaitu, asli) dan logis daripada pekerjaan sekolah yang hanya diperingkat oleh guru dan dikembalikan ke buku catatan. Hal ini juga mendorong siswa melakukan yang terbaik yang mereka bisa – tidak seorang pun ingin terlihat tidak siap atau menunjukkan sebuah produk yang jelek di depan khalayak. Meminta siswa mengadakan pemameran menaikkan kontribusi baik bagi siswa dan guru.
Publikasi hasil juga dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian pada kepuasan dan motivasi kerja telah menunjukkan bahwa pekerja menjadi lebih komitmen dan terlibat ketika bekerja pada tugas-tugas yang membuat perbedaan (otentik), membutuhkan berbagai macam kemampuan, dan yang mereka memiliki kendali dari awal hingga akhir. Hali ini terdengar seperti pengertian dari pembelajaran berbasis proyek! Tetapi marilah berfokus pada penemuan pertama, motovasi yang tumbuh dari pekerjaan pada tugas yang membuat sebuah perbedaan. Publikasi produk mendorong siswa untuk menganggap pekerjaan mereka bermanfaat dan dianggap serius oleh orang lain (tidak hanya oleh guru). Hal ini terjadi selama proyek tersebut ketika pekerjaan siswa dikritik oleh teman, guru, dan ahli dari luar atau pengguna produk. Pada akhir dari proyek, siswa dapat menampilkan dan menggambarkan secara publik produk mereka dalam sebuah pameran, pertemuan komunitas, atau secara online. Proses ini berlanjut untuk mendorong siswa merasa percaya diri terhadap produk dan pencapaian mereka.

Publikasi produk, juga membuat sebuah kontribusi penting untuk moral sekolah dan persepsi komunitas. Melalui mempertunjukkan terhadap siswa lain, orang tua dan komunitas yang lebih besar tetntang apa yang siswa ketahui dan dapat lakukan. Pameran publik terhadap hasil karya siswa tidak hanya menjelaskan tentang apa pembelajaran berbasis karya itu; mereka juga melahirkan niat baik dan mendorong PBK seabagi sebuah pendekatan yang kuat terhadap pengajaran dan pembelajaran.

Diterjemahkan Dari: Setting The standard for Project Based Learning : A Proven Approach to Rigorous Classroom Instruction. 2015. Alexandria: ASCD 

Total comment

Author

Anonymous

0   comments

Cancel Reply