Contact Form

 

Resume Kulwap "Disleksia" HEbAT Nasional live from Bandung

 
Home Education based on Akhlaq & Talents (HEbAT) Community 📢📣

Resume Kulwap "Disleksia" HEbAT Nasional live from Bandung 

📆 Hari/Tanggal: Jumat, 14 Oktober 2016
⏰ 16.00 - 17.30 WIB

Admin   : Bunda Deasy
Host      : Bunda Yuli
Co Host : Bunda Ema 
Notulen : Bunda Lala
SME       : Bunda Sasa

🍃🌻🍃🌻🍃🍃🌻🍃🌻🍃🍃🌻🍃🌻🍃🍃

🔰Biodata Narasumber

👤Nama lengkap: Erlyza Prasty Irwansyah
🔸Panggilan : Sasa
🔸Tempat & Tanggal lahir : Bdg 28-12-1963
🔸Status: Menikah
🔸Jumlah anak & usia anak: 13 thn, 7 thn, 4 thn
🔸Pendidikan terakhir: MM Undip
🔸Passion : Education
🔸Pekerjaan/Aktivitas harian : Pemilik 2 sekolah dan saat ini juga menjabat sebagai ketua Dyslexia Parent Support Group (DPSG) Indonesia
🔸Akun Facebook : Erlyza
🔸Blog : SuperOshin.blogspot
🔸Email aktif : e.prasty@gmail.com
🔸 0896-3117-3313
🔸Domisili: Bandung

🍃🌻🍃🌻🍃🍃🌻🍃🌻🍃🍃🌻🍃🌻🍃🍃
MATERI :
🌼 Apa dan Bagaimana Dyslexia ~ Bagaimana Mendampingi &   Memfasilitasi Anak-anak Dislexia 🌼

Dyslexia adalah salah satu bentuk kesulitan belajar spesifik dan merupakan bentuk kesulitan belajar spesifik yang paling sering ditemukan. Mengapa disebut kesulitan belajar SPESIFIK, yakni karena kesulitan belajar ini terjadi pada individu yang normal, dan kesulitan belajar yang terjadi hanya spesifik pada beberapa aspek tertentu saja (bukan kesulitan pada seluruh aspek perkembangan), utamanya yaitu kesulitan pada aspek berbahasa dan berhitung.

Dyslexia berasal dari bahasa Greek, terdiri dari 'dys' yang artinya 'salah / menyimpang' dan 'lexia'yang artinya 'bahasa'. Jadi, dyslexia adalah suatu kesulitan berbahasa yang terjadi pada individu normal (terbukti potensi kecerdasannya adalah normal atau mungkin di atas rata rata). Kesulitan berbahasa yang dimaksud meliputi bahasa lisan, bahasa tulisan dan bahasa sosial.

🔆 Apa yang nampak pada kesulitan bahasa lisan?

Individu dyslexia biasanya menunjukkan kemampuan verbal dengan kosa kata yang terbatas, artikulasi yang tidak tepat, pemahaman dan pemilihan istilah-istilah saat ngobrol yang tidak pas, serta kesulitan untuk menyusun kata menjadi kalimat yang runtut susunannya. Kesulitan berbahasa lisan ini sudah dapat dilihat sejak anak berusia pra sekolah.

🔆 Apa yang nampak pada kesulitan bahasa tulisan ?

Anak dyslexia biasanya lambat atau kesulitan saat mulai belajar mengenal bunyi huruf, bentuk huruf, merangkai huruf menjadi kata, merangkai kata menjadi kalimat, kesulitan membaca-menulis dan memaknai bacaan. Selain itu, mereka juga sering disertai kesulitan mengenal lambang bilangan, nama bilangan, menghitung sederhana, memaknai soal cerita matematika, membedakan arti dari berbagai lambang operasional matematika, dan sebagainya.

🔆 Apa yang nampak pada kesulitan bahasa sosial?

Anak dyslexia seringkali kesulitan memahami tanda tanda sosial dan bahasa tubuh dari lawan bicara dan lingkungannya, sehingga kerap mereka nampak janggal dalam pergaulan. Sikap mereka cenderung 'seenaknya' atau seperti 'tidak tahu aturan' namun sebenarnya hal tersebut disebabkan karena mereka seperti tidak peka terhadap aturan dan norma sosial yang berlaku di masyarakat.

Selain gejala gejala tersebut di atas, individu dyslexia seringkali menunjukkan kondisi kondisi lain seperti mudah lupa, sulit mengingat instruksi yang panjang, grusu-grusu dan kurang fokus dalam menumpukan perhatian pada saat beraktivitas belajar.

🔆 Disleksia BUKAN disebabkan karena: 
- kerusakan otak
- salah pola diet
- kelemahan tulang punggung
- kemiskinan
- kemalasan
- riwayat perkembangan tidak merangkak

Otak penyandang disleksia TIDAK RUSAK, namun CARA otak penyandang disleksia dalam berbahasa (lisan, tulisan, sosial) tidak sama dengan individu yg bukan penyandang disleksia.

🔆 Mengapa ?

Berbagai penelitian berbasis bukti melaporkan bahwa pada saat kegiatan keberbahasaan spt tsb di atas, maka otak penyandang disleksia mengaktivasi area2 yg bukan area pusat berbahasa lazim nya di susunan saraf pusat. Penyandang disleksia mengaktivasi area otak yg berbeda shg pathway berprosesnya unik dan mungkin sekali membutuhkan wkt lebih lama. Tp hal ini BUKAN KARENA KEBODOHAN.

Disleksia justru terjadi pada individu yang : 
- kecerdasannya (paling sedikit) dalam batas normal. Jd, sangat mungkin tjd pada individu dg kecerdasan luar biasa
- tidak terdapat defisit neurologis atau kerusakan/cedera pada otak/susunan saraf pusat

Penting sekali bagi orang tua, guru dan masyarakat untuk memahami secara komprehensif mengenai kondisi dyslexia ini. Karena, intervensi dini pada anak dyslexia dapat mengoptimalkan kemampuan dan performa nya.

Sedangkan jika anak dyslexia tidak mendapat intervensi dini atau bahkan mendapatkan label yang salah dan intervensi yang tidak tepat, maka anak akan kaya dengan pengalaman gagal yang membawanya pada kepercayaan diri yang buruk.

Bukan sedikit kasus dyslexia berat yang berakhir dengan kondisi anak sama sekali tidak mau sekolah, bahkan sebagian dari mereka punya keinginan untuk mengakhiri hidupnya.

Sangat diharapkan agar para orang tua dan tenaga pendidik serta para penyelenggara layanan pendidikan untuk senantiasa meningkatkan kompetensi dirinya demi memahami dan melayani anak anak dyslexia ini dengan sebaik-baiknya.

#AsosiasiDisleksiaIndonesia
#BulanPeduliDisleksiaIndonesia
#DyslexiaAwarenessMonth #OneDayOnePost
#Dyslexia2016
#Disleksia
#AsosiasiDisleksiaIndonesia
#DPSGIndonesia
#Lexipal
#DyslexiaSpeaksUpIndonesia2016Surabaya
#WonderfulLifeTheMovie2016

🍃🌻🍃🌻🍃🍃🌻🍃🌻🍃🍃🌻🍃🌻🍃

Bunda Sasa:
Bismillahirrohmaanirrohiim ..
Kebetulan Oktober adalah bulan peduli disleksia secara internasional. Sebagian negara di Eropa menetapkan dengan hari disleksia nasional, minggu peduli hingga bulan peduli.

Mengingat DPSG baru saja berdiri menjelang 3 tahun, kami memilih bulan peduli dislekia sebagai waktu untuk membangun kepedulian masy tentang disleksia. Itu sebabnya di media sosial sedang ramai berbagai posting tentang disleksia

Host : Baik bunda, terima kasih. Kalau bgtu kita langsung saja masuk sesi tanya jawab ya bun...

🔺🔹🔻 Tanya Jawab 🔺🔹🔻

1⃣ Bunda Riani dan Bunda Ruri (Bandung)

Assalamualaikum, mau tanya ttg disleksia ini..

Diantara ciri2nya saya baca ada gangguan dalam berbahasa ya.
1. Apakah salah pengucapan seperti terbalik kata2 yang diucapkan anak usia 3 thn termasuk ciri2nya?
2. Mau tanya, anak saya umur 4thn 10bln klo bicara suka kebalik2. Istilah2 yg dikeluarkannya unik. Apa itu termasuk gejala disleksia ato wajar2 aja?

Misal :
pura pura (malah jadi kura2)
pikun jadi cikun
sombong malah jadi bengong

Tapi secara general tata bahasa sudah baik, kosakata pun banyak. Hanya yg dicermati dalam pengucapan apa yg di maksud terlontarnya suka salah.


Contoh:
Bersih 👉🏼 Besrih
Kursi 👉🏼 Kusri
Farel 👉🏼 Faler

Trus klo mau pipis ato pup bilangnya 👉🏼 ga tahan2

Jawab
1⃣ Bunda Riani dan Bunda Ruri (Bandung)

Wa alaykum salam :
1. betul bunda, termasuk ciri-cirinya
2. salah satu ciri anak dengan resiko disleksia adalah pemilihan kata yang tidak yang tidak tepat pada konteksnya, juga pengucapannya yang tidak semestinya seperti contoh-contoh yang bunda sampaikan ✅



2⃣ Zulfikar - Tasikmalaya
• bagaimana cara mengenali bahwa anak mengalami dyslexia?
• apa penyebab dyslexia? Apakah faktor keturunan juga mempengaruhi?
• apakah dyslexia merupakan sebuah penyakit?

Jawab
2⃣ Zulfikar - Tasikmalaya
BAGAIMANA MENGENALI DISLEKSIA
Berikut ini adalah tanda tanda disleksia yang mungkin dapat dikenali oleh orang tua atau guru:

🔅 Kesulitan mengenali huruf atau mengejanya
🔅 Kesulitan membuat pekerjaan tertulis secara terstruktur misalnya essay
🔅 Huruf tertukar tukar, misal ’b’ tertukar ’d’, ’p’ tertukar ’q’, ’m’ tertukar ’w’, ’s’ tertukar ’z’
🔅 Membaca lambat lambat dan terputus putus dan tidak tepat misalnya
🔅 Menghilangkan atau salah baca kata penghubung (“di”, “ke”, “pada”).
🔅 Mengabaikan kata awalan pada waktu membaca (”menulis” dibaca sebagai ”tulis”)
🔅 Tdak dapat membaca ataupun membunyikan perkataan yang tidak pernah dijumpai
🔅 Tertukar tukar kata (misalnya: dia-ada, sama-masa, lagu-gula, batu-buta, tanam-taman, dapat-padat, mana-nama)
🔅 Daya ingat jangka pendek yang buruk
🔅 Kesulitan memahami kalimat yang dibaca ataupun yang didengar
🔅 Tulisan tangan yang buruk
🔅 Mengalami kesulitan mempelajari tulisan sambung
🔅 Ketika mendengarkan sesuatu, rentang perhatiannya pendek
🔅 Kesulitan dalam mengingat kata-kata
🔅 Kesulitan dalam  diskriminasi visual
🔅 Kesulitan dalam persepsi spatial
🔅 Kesulitan mengingat nama-nama
🔅 Kesulitan / lambat mengerjakan PR
🔅 Kesulitan memahami konsep waktu
🔅 Kesulitan membedakan huruf vokal dengan konsonan
🔅 Kebingungan atas konsep alfabet dan simbol
🔅 Kesulitan mengingat rutinitas aktivitas sehari hari
🔅 Kesulitan membedakan kanan kiri

Dyslexia terjadi akibat perkembangan otak yang berbeda saat memproses/decoding simbol-simbol.
Bersifat diturunkan/herediter.

Dyslexia bukan penyakit, tidak bisa disembuhkan. Merupakan kondisi yang disandang seumur hidup. Tetapi kondisi dyslexia bisa dimanage ✅



3⃣ Witri NL- Jogja
Anak saya usia 14th.
Kalo mengucapkn kata2 ato hafalan Al Qur'an terlalu cepat pasti ada kata2 yg terlewat/hilang.
Apakah ini termasuk disleksia? dan utk usia tsb apakah msh bisa diperbaiki dg terapi wicara?

Jawab
3⃣ Witri NL- Jogja
Bagaimana dengan perkembangan bahasa ibunya, bunda?



4⃣Bunda Artha - Tasikmalaya
Assalamualaikum..
1) Faktor2 apa saja yg menyebabkan anak menjadi dislexia?
2) Apakah anak yg tdk menyukai mata pelajaran tertentu bisa dikategorikan dislexia? Soalnya kang Imay alergi banget matematika bun.. klo mau belajar matematika blm apa2 udh nangis duluan..
3). Bagaimana caranya ya utk menghilangkan rasa ketidaksukaan itu & menumbuhkan semangat belajar nya?.. Jazakalloh

Jawab
4⃣Bunda Artha - Tasikmalaya
Wa alaykum salam ..
1. Keturunan, bunda. Jikapun ada karena bukan faktor keturunan, rarely happen dan persentasenya kecil
2.  Salah satu penyulit penyerta dalam kasus dyslexia salah satunya adalah dyscalculia (kesulitan belajar di area matematika), utk mengetahui apakah ananda memiliki kesulitan tersebut berdasarkam kesulitan diatas harus melalui assesment
3. barangkali kita bisa mempelajari bbrp metode belajar matematika yang menyenangkan untuk anak, lalu kita cari dari bbrp metode tsb yang mana yang anak suka dan lebih mudah dipahami. Jangan lupa jadikan saat belajar dalam suasana yang tidak tegang & menyenangkan 😊 ✅



5⃣ Nurhafni-Banda Aceh
dan Bunda Anissa Depok

Assalamualaikum..
Sepertinya anak saya ada ciri2 dislexia. Susah menyusun kalimat, kurang fokus, agak sulit menghafal. Sekarang umurnya 8 tahun.

1. Apakah anak saya bisa berubah bu sesuai dengan tahap perkembangan dia?
2. Apakah dislexia akan trus berlanjut?
3. Apakah anak yg mengalami speech delay, menurut angka penelitian sering mengalami disleksia?
4. Tahap perkembangannya apakah berbanding lurus dengan kemampuan berbahasanya.

Bunda dr Naufal 11yo, Adhika 8yo (speech delay umur 3.5 br bisa takbir dan krn penggunaan dual bahasa di rmh waktu itu) dan Adel 5yo.

Jawab
5⃣ Nurhafni-Banda Aceh
dan Bunda Anissa Depok

1. setiap anak yang sudah mendapatkan diagnosa disleksia dengan benar lalu mendapat intervensi yang tepat sesuai anjuran ahlinya, akan memiliki kemajuan yg significant. Ekspetasinya tentu tidak akan sama seperti anak tanpa hambatan, namun mengingat IQ anak disleksia berada pada rentang 90 keatas (minimal normal hingga jenius), anak dengan dyslexia memiliki potensi utk  berkembang sangat baik

2. dyslexia disandang seumur hidup, pengelolaan anak-anak akan terus dilakukan hingga dia memiliki personal coping strategy sendiri. Kapankah itu? Tergantung peran ortu & guru nya

3. kebanyakan anak-anak dengan dyslexia mengalami gangguan keterlambatan berbahasa ekspresif (masyarakat secara tidak spesifik sering menyebut dengan speech delayed)

4. Tahap perkembangannya (tahap perkembangan apa bunda?, mohon djelaskan 🙏) Apakah berbanding lurus dengan kemampuan berbahasanya.✅



6⃣ Bunda Maya-Aceh
Salam. Mengenai Dyslexia.
Anak sy yg 1 terindikasi Dyslexia. Yg sy ingin tanyakan, apakah Dyslexia ini bisa terjadi lagi di adik² nya? Apakah sama pendampingan setiap anak Dyslexia? Sampai saat ini sy belum menemukan metode yg paling tepat utk mengenali dan menggali potensinya. Bagaimana cara mendampinginya ya Bu? Mohon bantuannya. Tq.

Jawab
6⃣ Bunda Maya-Aceh
Salam bunda,
Karena bersifat keturunan (marka genetis menurut riset sdh jelas). Apabila ayah atau ibunya menyandang dyslexia, anak-anaknya  juga berpotensi resiko disleksia.  Maka bila kakak disleksia maka siblingnya masuk dalam kelompok resiko disleksia.

Pendampingan setiap anak disleksia tidak akan sama per individu, tergantung kondisinya masing-masing, derajat keparahannya, kesulitan penyertanya dll.

Menemani & membantu ananda belajar harus dilakukan dengan metode beragam dan multisensoris.

Perkenalkan anak-anak dengan beragam kegiatan, simak baik-baik minatnya, fasilitasi.

Minatnya sering berubah2? its okay, eksplorasi terus hingga dia secara konsisten berminat pada satu subject.

Berapa lama? setiap anak memiliki kecepatan belajar yang berbeda. Kita harus sabar dan terus mengobservasi ✅



7⃣ Ayah Kholik-Semarang
Gaya belajar yang cocok untuk anak dyslexia apa ya bun? Visual, auditori, atau kinestetik.

Jawab
7⃣ Ayah Kholik-Semarang
Semua cocok , ayah.
Multi sensory approach adalah yg disarankan untuk anak dyslexia belajar ✅



8⃣ Ummu Faqih, (Makassar), Bunda Inez (Semarang), Bunda Inten (Tangerang) dan Bunda Novika (Malang)

Assalamualaykum...
Apa kabar ibu...

Dulu anak saya sempat dikategorikan dysleksia oleh gurunya karena menulis sering terbalik baik angka maupun huruf pada saat masih di TK. Kemudian anak saya pun terlambat bisa membaca sekalipun tiap hari dia diajarkan. Bisa membaca menjelang naik kelas 2 itupun terbata-bata. Sekarang sudah di kelas 3 tapi cara membaca nya masih belum selancar teman2 sebayanya.

Tapi kalo berhitung & hafalan anaknya cepat sekali nangkapnya. Memang anaknya sangat aktif & tidak bisa diam bahkan sampai sekarang di umur 9 tahun. Tapi kelebihannya, anak nya sangat kreatif, apapun bisa dirangkai & dibuat jadi mainan.

1. Apakah benar ini gejala awal anak dysleksia ataukah hanya pengaruh karena anaknya terlalu aktif sehingga kurang fokus...

Deteksi & Intervensi
1. Sejak usia berapa anak bisa dikategorikan mengidap dysleksia dan bagaimana cara penanganan dan terapi jika ada indikasi anak mengidap dysleksia...
2. Mulai usia brp ciri2 dyslexia bisa ketauan ataukah harus di tes dulu dg orang yg bener2 faham?
3. Sejak umur berapa anak dapat ditetapkan menderita disleksia?
4. Apa saja tahapan intervensi dini dalam mengasuh anak dgn disleksia?
5. Kapan ya anak2 mulai dpt dipastikan mengalami dislexia? Mksdnya sktr umur brp kita dpt memastikan anak kita mengalami dislexia atau tdk?

Jawab
8⃣ Ummu Faqih, (Makassar), Bunda Inez (Semarang), Bunda Inten (Tangerang) dan Bunda Novika (Malang)

Wa alaykum salam,
terima kasih, alhamdulillah baik bunda & ummi. semoga demikian juga buat sahabat semua

1. Apakah benar ini gejala awal anak dysleksia ataukah hanya pengaruh karena anaknya terlalu aktif sehingga kurang fokus?  Bisa jadi bunda, namun anak kesulitan belajarpun bisa karena faktor lain misalnya inatensi, sehingga perilakunya terganggu dan membuat anak sulit belajar dengan baik sehingga perkembangan belajarnya terlambat. Namun apabila sudah memiliki resiko disleksia saat usia dini, amat dianjurkan untuk dia assesment ulang di usia belajar (usia SD) untuk menegakkan diagnosa apakah betul ananda dyslexia atau penyebab lain

Deteksi & Intervensi
1.diagnosa bisa ditegakkan saat usia 7 tahun sesuai konsensus internasional
anak disleksia akan diakomodir dengan 2 cara yaitu remediasi dan akopmodasi kelas
terapi diperlukan apabila penyulit penyerta memperberat kondisi anak (ADD/ADHD/ OCC, ODD dll)
2. betul bunda sebaiknya pemeriksaan disleksia dilakukan oleh ahlinya dan benar2 paham. Sementara ciri2nya bisa terlihat sejak uisa dini
3. usia 7 tahun (usia sekolah dasar), di inggris ditetapkan 8 tahun
4. mengenali kesulitannya berbahasanya secara menyeluruh. Apabila diperlukan terapi wicara akan disarankan
5. gejala bisa dilihat diusia dini dan diagnosa tegak diusia 7 tahun ✅



9⃣ Bunda Sri (Kebumen)
Saya punya anak didik paud usia 5 th. dia kesadaran belajar fokus dan motivasi bljrnya blm tumbuh, msh suka main  sendiri (semau gue dan tak terarah) dan jarang bergabung dg teman. Tapi ketika di tengah teman2 nya selalu saja ada ulah/polah yg membuat teman lain disakiti (mengganggu) tmn yg sdg asyik belajar/main terganggu sehingga nangis.
Apakah ini termasuk dyslexia, dan bgmn mengatasinya? terimakasih atas pencerahannya.

Jawab
9⃣ Bunda Sri (Kebumen)
Kondisi tersebut belum tentu dyslexia, banyak kasus neurologis yang bisa menyebabkan anak memiliki gangguan prialku (yang bisa mengganggu lingkungan sekitarnya), bisa sudah demikian kewalahan, ada baiknya setelah observasi kelas, guru/tim support mengajukan rujukan pemeriksaan anak kepada ahlinya ✅



🔟 Arum - Cilacap Assalamu'alaikum
Bunda ikut bertanya ya, Dyslexia apakah mirip dengan delayed speech?..
Utk Dyslexia sendiri apakah bisa sembuh menjadi normal? Adakah pencegahan atau ini bawaan dari lahir? Terima kasih

Jawab
🔟 Wa alaykum salam  Bunda Arum
Dyslexia dan speech delayed dua hal yang sangat jauh berbeda, dalam medis sebenernya istilah speech delayed sudah ditinggalkan, sekarang mengacu ke term yg lebih spesifik yaitu GBE (gangguan berbahasa Ekspresif) dan GBR (gangguan berbahasa Reseptif)



1⃣1⃣ Bunda Lutfia - Bandung
Anak pertama sy (perempuan usia 4.5th) masih tertukar2 dalam beberapa kata. Sudah coba diluruskan, namun dalam percakapan spontan masih suka tertukar.

Misal: toko..koto, tukang..kutang (maaf), Borma..Dolma, tepuk..petuk,.. kadang tertukar juga pasif dgn aktif.. misal: aku disayang boneka (maksudnya aku sayang boneka)

Terkadang juga hafalan quran menyambung surah satu dgn yg lain, kadang nyambung dengan doa sehari2...

Apakah itu termasuk gejala dyslexia?
Intervensi spt apa yg tepat utk anak usia dini?

Jawab
1⃣1⃣ Iya Bunda Lutfia
Beberapa yg bunda sebutkan masuk dalam kriteria kelompok resiko disleksia (disleksia tegak diagnosanya di usia 7 ya bun)

Bunda harus selalu mengkoreksi ananda bila salah berucap, perbaiki terus, tak perlu menyalahkan, lakukan dalam suasana santai dan menyenangkan jadi dia tidak merasa salah. Bacakan dongeng, ajak dia "mendongeng" bantu dia bercerita dari gambar utk menyusun karta dan melatih berbahasanya✅



1⃣2⃣ Bunda Sri - Jambi
Saya kebetulan punya 1 orang siswa yang mengalami gangguan Disleksia. Bisa ndak kalo saya minta modul penuntun berbicara yang jelas bagi anak ABK ini. Siswa saya berjenis laki kelas 3 SD. Kelemahan ada dalam pengucapan huruf2 konsonan akhir sebuah kata.

Jawab
1⃣2⃣ Bunda Sri
membaca penuturan bu sri, utk anak usia 3 SD sangat terlambat perkembangan berbahasanya, saran saya sebaiknya diperiksakan kembali dengan ahlinya

untuk pelatihan bicara  bisa dibicarakan denngan terapis wicara, bun 😊✅



1⃣3⃣ Bunda Retno (Semarang)
Bunda Sasa yg baik sy retno : anak sy laki2 10 thn lebih dominan otak kanan termasuk anak visual. Saat yg sering menjadi keluhannya adalah utk menulis sering mengeluh capai. Jd kl ulangan nilai jd tdk maksimal krn sering jatuh di soal uraian, dan utk pelajaran math saat ini kurang percaya diri jd pada saat ulangan dia nervous dan buyar. Bagaimana cara mengatasinya.

Jawab
1⃣3⃣ Bunda Retno,
dalam perkembangannya teori dominasi otak sudah ditinggalkan, sebab dalam riset paling kini sudah jelas bahwa otak bekerja secara harmonis baik kanan maupun kiri. Alhamdulillah bila bunda dan ananda sdh bisa mememukan gaya belajar secara visual yg tepat untuk ananda.

apabila anak disleksia dengan kesulitan diarena berbahasa matematika (yg dikenal dengan Dyscalculia) dia akan  kesulitan tidak saja di logika matematika secara aritmatika namun juga disoal cerita.

yang saya pernah lakukan, saya mengubah soal cerita kedalam bentuk gambar dan mengurutkannya satu per satu sampai anak paham logikanya 😊✅



1⃣4⃣ Bunda Tati (Banjar)
Anak sy kls 3 SD, ketika menulis sampai saat ini kesulitan dalam hub. sistematik antara huruf dan bunyi, misalnya didikte diminta menuliskan paku dan palu atau 60 dengan 16. Dan menyusun bulan dalam setahun atau susunan angka sering lupa. Tapi dalam menceritakan sesuatu peristiwa bisa detil dan runut. Saat ini anaknya meminta untuk HS. Apakah ini termasuk tanda dysleksia?
Bagaimana solusi terbaik untuk pembelajaran anak saya?

Jawab
1⃣4⃣ Bunda Tati,
Nampaknya iya, namun agar kita tidak salah memberikan program belajar untuk ananda, saya sarankan diperiksa utk dapat diagnosa yg benar (bukan label), diagnosa akan membantu kita mengetahui prognosis ananda bagaimana sehingga program pembelajarannya akan lebih realistis, tepat sasaran dan bisa membangun potensi ananda :)

HS, regular school atau pendidikan alternatif bukan masalah untuk pendidikan anak dengan disleksia. Selama gurunya memiliki bekal ilmu yang benar utk menangani anak disleksia, insya allah bu....everything will be okay✅



1⃣5⃣ Maryam Nazar Haris - Bekasi
Mengikuti materi ini jadi teringat salah seorang anak saya yang berumur > 2,5 tahun belum mampu berbahasa indonesia dengan baik. Namun masa bayinya dia banyak berinteraksi dengan lingkungan berbahasa arab jadi sampai sekarang kami berasumsi keterlambatannya akibat kebingungan penggunaan 3 bahasa. Jadi sebaiknya, bagaimana cara menentukan seorang anak mengalami situasi ini?
Terima kasih...

Jawab
1⃣5⃣ Bunda Maryam,
Apabila anak memiliki resiko kelompok disleksia, yaitu :
1. ada Riwayat GBE
2. ada keluarga dengan riwayat GBE
3. ada keluarga yg disleksia

dan atau ananda dicurigai memiliki gejala2 disleksia spt yg sdh disebutkan diatas, maka amat disarankan agar anak masterisasi satu bahasa sebagai bahasa ibunya, multi bahasa pada anak dengan kondisi demikian bisa menghambat perkembangan berbahasanya✅



1⃣6⃣ Noni_Banten
Apakah ada keterkaitan antara anak2 yang terlambat bicara Spesific Language Inpairment (SLI) dengan dislexia..? Apakah anak2 SLI termasuk katagori dislexia..?
Terimakasih

Jawab
1⃣6⃣ Bunda Noni,
Anak disleksia tidak memiliki impairment dalam perkembangan berbahasanya (patologist no patologist) hanya di area berbahasa ekspresif saja :) ✅



1⃣7⃣ Bunda Silfi - Bengkulu
Bunda, saya mau tanya knp anak usia 2 thn belum bs bicara? Bgm merangsang anak2  bisa cepat bicara? tks

Jawab
1⃣7⃣ Bunda Silfi,

sama sekali bu?
pada anak sampai usia 24 bulan, pada bahasa reseptif {pemahaman):
mengenal lebih dari 3 bagian tubuh
paham perintah sederhana:ambil, lihat, berikan, simpan
paham larangan sederhana, tidak boleh
mengenal benda miliknya
mengenal org2 yg sering ditemui : ortu, keluarga, pengasuh

bahasa ekspresif :
panjang kalimat 1-2 kata
pembendaharaan bahasa mencapai 200 kata di 24 bulan
kombninasi 2-3 kata "minum susu, "mau bola"
mulai muncul kata sifat : bagus, panas, dingin, apabila tidak mencapai milestone berbahasa tsb, ada baiknya ibu periksakan dulu anada kepada ahlinya ya, sehingga bisa diketahui permasalahanya ✅



1⃣8⃣ Bunda Qonitah - Medan
Apakah anak diseleksia nantiny di usia 7th ke atas akan ada hambatan untuk menyusun jadwal keseharian?

Jawab.
1⃣8⃣ Bunda Qonita,
Ada bun, anak disleksia amat sangat bermasalah dengan executive functionnya, membantu mereka organisasi diri adalah perjalanan panjang ✅



1⃣9⃣ Bunda Riana - Lahat
Beberapa murid kami usia 4th ada yg belum jelas bicaranya karena rata2 diatas usia 3 th baru bisa bicara. Walaupun saat ini 3 bulan sekolah alhamdulillah perkembangannya cukup baik, kira2 bagaimana supaya mereka bisa berbicara lebih jelas dan terstruktur ya?
Jawab
1⃣9⃣ Bunda Riana,
Yg saya lakukan dengan anak-anak saya dan murid2 di sekolah saya, kami selalu minta mereka bercerita, dibimbing bercerita agar rubntut dan ucapannya jelas. jangan terima bahasa tarzan ataupun bahasa isyarat hehehe, minta selalu anak mengungkapkannya dengan bahasa (bicara), lebih lama? iya, tapi setiap proses akan membutuhkan waktu. semangat ya bunda ✅



2⃣0⃣ Bunda Nike - Malang

Assalamualaikum

Anak sy skrg usianya 5,5th. Ketika membaca ttg dislexia ini sy jd berfikir apakah anak sy termasuk didlmnya?
1. Saat belajar membaca/menulis dia slalu bingung dr mn dia harus memulai kanan/kiri. Dia jg sering bingung mengeja namanya. Susunan huruf yg dibolak balik sering dianggap sama
2. Dia jg msh bingung membedakan tadi, kemarin, dan dulu

Dari ciri di atas apakah bs disimpulkan bhwa anak sy tergolong dislexia? Bagaimana mengoptimalkan kemampuan bljrnya?

terimakasih
🔹🔸🔹🔹🔸🔹🔸🔹🔸
Bunda-Ratna

Anak saya usia 6th 2bln menulis angka suka terbalik. Angka 2 ditulisnya terbalik, angka 6 ditulis terbalik kesamping (gak bisa nunjukin contohnya hehe) kalau saya arahkan dia sukanya bilang " terserah mas aja sih mi" ya udah akhirnya saya biarkan, apakah ini masuk kategori dislexia? Kalau tulisanya gak ada masalah, hanya di angka saja bunda

Jawab
2⃣0⃣ Wa alaykum salam bunda Nike,

membaca penuturan budnda, gejala disleksianya terlihat, sekali lagi sebelum menentukan langkah yg tepat, kunjungi ahlinya utk diperiksa dan dapatkan diagnosa yg benar. sekali diagnosa penting utk melihat prognosis anak ke depan sehingga kita bisa tentukan langkah memberi intervensi yg tepat ✅

Bunda Ratna,

😊 sangat mungkin bunda, saran saya sama dengan yg saya sampaikan ke bunda nike ya✅



2⃣1⃣ Suhartini-Kendari
Bagaimana aksi nyata kita sebagai org tua atau bahkan pendidik dlm menghadapi atau membantu anak disleksia?

Jawab
2⃣1⃣ Bunda Suhartini,
Yang pasti, orang tua dan guru harus menimba ilmu dengan banyak dan yang benar/sahih berbasis riset dan bukti sehingga denagn demikian kita mampu membantu anak-anak kita ...

memiliki kesabaran yg besar dalam mendampimngi mereka memiliki ilmu tentang pengasuhan yg benar serta mengaplikasinya dengan hati dan penuh kesadaran ✅


Alhamdulillah semua pertanyaan yg masuk sudah dijawab oleh Bunda Sasa.

Akhir kata mari kita tutup kulwap ini dengan mengucapkan hamdallah.. Alhamdulillahirabbil'aalamiin..

Terima kasih kepada ayah bunda yg sudah hadir dan menyimak. 😊🙏🏻 mohon maaf bila ada yg salah atau kurang berkenan dari admin.


#Fitrahkeluarga‬
#HEbAT
#HEbATCommunity
#HomeEducation #FitrahBasedEducation #HomeEducationbasedonAkhlaqandTalents
#AkhlaqandTalents
#KulwapDisleksia

Total comment

Author

admin

0   comments

Cancel Reply