Penyelarasan
Proyek Dengan Standard
Bagian ini
merupakan bagian dari proses perencanaan proyek, tapi kami menganggap
sebagai pelaksanaan pembelajaran yang terpisah karena ini merupakan
hal yang penting. Untuk sebagian guru yang melaksanakan PBL,
standard-standard konten merupakan sebuah renungan; mereka cenderung
untuk merencanakan sebuah standard terlebih dahulu dan kemudian
standard
yang mereka pikir
hal
tersebut akan tertuju.Pendekatan
ini tidak optimal. Kami menyarankan kepada guru untuk melihat konten
standard mereka pada saat yang sama ketika mereka sedang
mengembangkan sebuah ide untuk proyek. Memang,
standar itu sendiri dapat menyarankan sebuah arahan untuk sebuah
proyek, dalam pengertian topik dan atau kemampuan yang dapat fokus.
Menyelaraskan
sebuah proyek dengan standard sejak awal membantu memastikan bahwa
hal
tersebut merupakan target konten dan memahami pengetahuan yang cukup
baik, dan bahwa waktu siswa digunakan dengan baik.
Apa yang
dimaksud “menyelaraskan” proyek dengan standard? Hal ini berarti
memastikan produk yang dihasilkan oleh siswa membutuhkan ketrampilan
dan pengetahuan sesuai standard. Hal yang sama berlaku untuk
pertanyaan atau masalah menantang yang membingkai proyek; untuk
memecahkan atau menjawabnya, akankah siswa perlu untuk mempelajari
apa yang terdapat pada standard yang ditargetkan? Ketika sampai pada
kritik dan revisi, bagaimana proses-proses ini akan fokus pada apa
yang digambarkan dalam standard? Bagaimana pelaksaan penilaian,
penjenjangan, dan pembimbingan proyek diarahkan pada pemenuhan
standard?
Diterjemahkan
Dari: Setting The standard for Project Based Learning : A Proven
Approach to Rigorous Classroom Instruction. 2015. Alexandria: ASCD