Contact Form

 

PENGAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED TEACHING) (3)


Penyelarasan Proyek Dengan Standard

Bagian ini merupakan bagian dari proses perencanaan proyek, tapi kami menganggap sebagai pelaksanaan pembelajaran yang terpisah karena ini merupakan hal yang penting. Untuk sebagian guru yang melaksanakan PBL, standard-standard konten merupakan sebuah renungan; mereka cenderung untuk merencanakan sebuah standard terlebih dahulu dan kemudian standard yang mereka pikir hal tersebut akan tertuju.Pendekatan ini tidak optimal. Kami menyarankan kepada guru untuk melihat konten standard mereka pada saat yang sama ketika mereka sedang mengembangkan sebuah ide untuk proyek. Memang, standar itu sendiri dapat menyarankan sebuah arahan untuk sebuah proyek, dalam pengertian topik dan atau kemampuan yang dapat fokus. Menyelaraskan sebuah proyek dengan standard sejak awal membantu memastikan bahwa hal tersebut merupakan target konten dan memahami pengetahuan yang cukup baik, dan bahwa waktu siswa digunakan dengan baik.
Apa yang dimaksud “menyelaraskan” proyek dengan standard? Hal ini berarti memastikan produk yang dihasilkan oleh siswa membutuhkan ketrampilan dan pengetahuan sesuai standard. Hal yang sama berlaku untuk pertanyaan atau masalah menantang yang membingkai proyek; untuk memecahkan atau menjawabnya, akankah siswa perlu untuk mempelajari apa yang terdapat pada standard yang ditargetkan? Ketika sampai pada kritik dan revisi, bagaimana proses-proses ini akan fokus pada apa yang digambarkan dalam standard? Bagaimana pelaksaan penilaian, penjenjangan, dan pembimbingan proyek diarahkan pada pemenuhan standard?

Diterjemahkan Dari: Setting The standard for Project Based Learning : A Proven Approach to Rigorous Classroom Instruction. 2015. Alexandria: ASCD


Total comment

Author

Anonymous

0   comments

Cancel Reply