- Terorganisir
Waktu yang Anda gunakan untuk membuat perencanaan dan persiapan akan memberikan hasil bagi peserta didik Anda
- Memberi sambutan
Apakah Anda ingat seperti apa ketika Ada mulai sekolah? Apa yang membuat Anda merasa bahwa Anda disambut di sekolah? Peserta didik Anda juga ingin merasakan hal yang sama dengan Anda - Memberikan umpan balik
Ini adalah dimana peserta didik banyak belajar. Peserta didik ingin mengetahui apa yang Anda pikirkan mengenai bagaimana mereka melakukan, apa yang sedang mereka lakukan, dan apa yang mereka perlukan untuk pengembangan - Sadar
Tidak setiap orang belajar dengan cara yang sama. Anda mungkin lebih memilih pengajaran dan pemodelan langsung untuk beberapa peserta didik dan lebih memberikan dorongan untuk peserta didik yang lain - Memiliki Antusiasme
Ini menular kepada peserta didik. Jika Anda bersemangat untuk mengajar, maka peserta didik akan bersemangat untuk belajar. - Mempunyai ekspektasi tinggi
Kita bekerja lebih baik apabila kita mengetahui apa yang diharapkan dari kita. Guru yang efektif mengharapkan peserta didiknya untuk berbuat sebaik mungkin, dan biarkan mereka mengetahuinya - Berpengetahuan Luas
Anda tidak harus tahu semuanya, tetapi Anda harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang peserta didik Anda belum memilikinya - Terbuka Untuk Belajar
Tidak ada panutan yang lebih baik bagi peserta didik, selain guru yang mengatakan, "Saya tidak tahu jawaban dari pertanyaan ini, mari kita lihat apakah kita dapat menemukan jawabannya dan mendiskusikannya bersama".
Sumber Tulisan : Dr. Dennis Francis, What Makes a Teacher Effective, Outline Kursus