Tulisan ini saya mulai dengan sebuah kutipan, "Seluruh guru mempunyai beberapa teori tentang apa itu pembelajaran ketika mereka sedang melakukannya, sekalipun mereka secara eksplisit tidak menyadari tentang teori tersebut"
Peran Seorang Guru
- Pengajaran merupakan sebuah proses yang dimaksudkan untuk mendukung pembelajaran yang menyebabkan sebuah perubahan pada Peserta Didik
- Pengajaran merupakan sebuah seni mengkomunikasikan pesan-pesan yang akan memberikan dampak bagi Peserta Didik
- Pedagogi merupakan seni atau profesi pengajaran
Guru Yang "Baik"
- Suka membantu dan suportif
- Menyediakan waktu untuk menjelaskan materi secara mendalam
- Bersahabat
- Mengetahui dan memahami mata pelajaran dengan baik
- Menggunakan bermacam-macam gaya mengajar dan pendekatan-pendekatan inovatif
- Adil dan mempunyai standar dan harapan yang sama bagi Peserta Didik tanpa memandang skor tes
- Berprasangka dan kurang adil
- Menghakimi orang tua dn saudara Peserta Didik
- Tidak bersedia mengubah metode-metode pengajarannya
- Tidak menghargai Peserta Didik
- Tidak bersimpati pada masalah pribadi Peserta Didik
- Mengintimidasi dan kasar secara verbal
- Memberikan pembelajaran yang menarik
- Memperlakukan Peserta Didik secara hormat baik secara individu maupun keseluruhan
- Percaya pada Peserta Didik
- Membantu Peserta Didik menyelesaikan tugasnya bahkan di luar jam mengajar/ kerja
- Memberikan penjelasan secara jelas
- Dekat dengan Peserta Didik ketika ada masalah
- Adil dan konsisten, memperlakukan Peserta Didik setara
- Menolong Peserta Didik jika membuat kesalahan
- Melindungi hak Peserta Didik dan tidak berkata kasar
- Membantu Peserta Didik untuk menjadi bagian dari kelas
- Mengetahui nama setiap Peserta Didik
- Memiliki rasa humor
- Tidak menjadikan Peserta Didik sebagai bahan ejekan jika membuat kesalahan
- Menunjukkan ketertarikan terhadap apa yang dilakukan Peserta Didik baik di dalam maupun di luar sekolah
- Siap mengakui bahwa dirinya tidak mengetahui semuanya
- Fleksibel dan mengakui kesalahan apabila melakukannya
- Mengatur Suasana Untuk Pembelajaran
Suasana yang mendukung pembelajaran dapat dikembangkan melalui:
a. Cara guru mempersiapkan kelas
b. Cara menyampaikan pertanyaan
c. Kemampuan untuk menemukan teachable moment
- Menetapkan Tujuan Pembelajaran
Menetapkan tujuan-tujuan pembelajaran yang realistis. Mengidentifikasi dan mengklarifikasi tujuan-tujuan pembelajaran terkait:
a. Pengetahuan
b. Ketrampilan
c. Sikap - Memotivasi Peserta Didik
Memotivasi Peserta Didik dapat dilakukan dengan cara berikut:
a. Menyiapkan materi dan aktivitas-aktivitas yang membangkitkan
ketertarikan
b. Melibatkan Peserta Didik dalam penetapan tujuan pembelajaran
c. Menggunakan reward dan (kadang) kompetisi
d. Mempertahankan siswa dengan mengkaji kemajuan mereka - Mengurutkan Materi Pelajaran
a. Mengorganisasikan apa yang akan terjadi dalam satu tahun, masa
tertentu dan setiap pekan
b. Mengorganisasi kelas yang berbeda setiap hari
c. Mengorganisasi aktivitas-aktivitas setiap kelas dalam sebuah cara yang
mendorong pembelajaran Peserta Didik
d. Mengubungkan pengetahuan baru dengan dunia luar - Memahami Perbedaan Individu Setiap Peserta DidikMempertimbangkan perbedaan individu berarti mampu mengenali dan memahami perbedaan dalam kelas, seperti gender, ras, budaya, bahasa, dan kelas sosial
- Mengelola Perbedaan IndividuMelakukan sesuatu tentang perbedaan individu berarti:a. Memperhitungkan cara-cara berdasarkan dampak latar belakang
Peserta Didik terhadap bagaimana mereka belajarb. Mencoba mengelompokkan Peserta Didik untuk memaksimalkan
pembelajaran merekac. Menggunakan sumber daya yang tepat pada kisaran dan perbedaan
Peserta DidikSumber Tulisan : What Teachers Do?, Dr. Dennis Franscis, Outline Kursus